Warung Bebas

Wednesday 28 March 2012

Kiat dan Tips Menjadi Pemimpin

Kiat dan Tips Menjadi Pemimpin.Sesungguhnya, Islam tidak memandang seorang pemimpin sebagai kehormatan, melainkan sebagai amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Seorang kepala desa akan dimintai pertanggungjawaban atas segala sesuatu yang terjadi di dalam desa-nya. Demikian pula dengan Camat, Bupati, Walikota, Gubernur, dan tentu saja, Presiden.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :"Setiap kamu adalam pemimpin, dan setiap kamu akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinanmu itu"(HR. Bukhari ).

kiat menjadi pemimpin, tips menjadi pemimpin,Mencari Ilmu

Pemimpin pada hakekatnya adalah pelayan, karena ia harus melayani orang-orang yang ada dalam tanggung jawabnya.Berikut ini beberapa kiat dan tips menjadi pemimpin yang sholeh :
  1. Yakinilah bahwa ia adalah amanah yang ada pertanggungjawabannya, baik dalam dunia maupun nanti di akherat kelak, sehingga ia akan berhati-hati.
  2. Berusaha berlaku adil dalam mengambil keputusan, tidak memihak kemanapun kecuali kepada kebenaran dan keadilan Insya Allah akan dicintai Allah dan manusia.
  3. Konsekuen, baik menyangkut diri sendiri maupun orang lain.Jika tidak konsekuen, hanya akan melahirkan permusuhan dan ketidakpercayaan orang kepada pemimpin.
  4. Tidak menampakkan dan memamerkan kekayaan secara berlebihan, karena akan mematikan sikap simpati kepadanya.Pemimpin yang penampilannya sederhana lebih disukai oleh yang dipimpinnya.
  5. Tidak sombong dan angkuh kepada siapapun, sehingga membuat orang lain nyaman bersamanya.
  6. Lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sebagai tempat menyandarkan segala perkara serta permasalahan.
Sumber : Muhasabah

0 comments em “Kiat dan Tips Menjadi Pemimpin”

Post a Comment