Warung Bebas

Friday 25 January 2013

Mengenali Tanda Persalinan

Sebagai seorang ibu hamil dan akan segera melahirkan perlu untuk mengenal akan berbagai macam tanda akan melahirkan segera tiba. Manfaat kenal akan tanda persalinan ini akan membuat kita waspada dan segera mendatangi ke tempat pelayanan kesehatan baik itu kepada bidan praktek, ke Puskesmas atau pun ke Rumah Sakit.

Bagi ibu hamil yang sudah mempunyai anak dan juga mempunyai pengalaman mengenali tanda persalinan maka hal ini tidak begitu sulit. Tetapi bagi ibu hamil anak pertama, tentunya belum mempunyai pengalaman akan sulit pula caranya agar tahu bagaimana ciri-ciri seorang ibu hamil akan melahirkan bayinya.

Kewaspadaan ibu hamil memang perlu ditingkatkan ketika telah memasuki 9 bulan usia kehamilannya. Karena di dalam kurun waktu 9 bulan tersebut adalah waktu-waktu normal bagi seorang ibu untuk melahirkan. Karena hal inilah pula bahwa peran seorang ibu bisa disebut dengan peran ibu yang mulia.

Tanda Persalinan, Tanda Akan Melahirkan

Beberapa tanda ciri akan bersalin yang bisa kita ketahui dari seorang ibu hamil yang akan segera melahirkan buah hatinya. Berikut tanda akan melahirkan :
  1. Pecah Air Ketuban. Cairan ketuban umumnya mempunyai warna yang bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan. Keluarnya cairan ketuban dari jalan lahir ini bisa terjadi karena berbagai hal. Bisa karena mengalami trauma, infeksi, atau bagian ketuban yang tipis (locus minoris) berlubang dan pecah. Bila pecah ketuban berarti selaput ketuban sudah ada 'hubungan' dengan dunia luar dan hal ini membuka potensi kuman untuk masuk. Karena itulah ibu hamil harus segera mendapatkan penanganan dan dalam kurun waktu maksimal 24 jam diharapkan bayi sudah bisa dilahirkan. Ini adalah juga tanda awal akan melahirkan yang bisa kita kenali pula.
  2. His Kontraksi yang meningkat intensitasnya. Kontraksi pada ibu hamil yang akan melahirkan berjalannya secara teratur dan konsisten dan kontraksi akan bertambah banyak dalam 15 menit maka ini juga tanda segera datangnya proses melahirkan. Kontraksi khas akan melahirkan ini terasa makin sering, makin lama waktunya, dan makin kuat terasa, disertai dengan mulas atau nyeri seperti halnya kram perut. Jadi bila ibu hamil mengalami hal ini segera bersiap-siap mendatangi tempat pelayanan kesehatan.
  3. Lendir bercampur darah sudah keluar. Keluarnya lendir yang bercampur darah ini berkaitan erat dengan adanya proses pembukaan ibu hamil. Bloody show orang-orang kesehatan mengenalnya dengan istilah ini. bersamaan dengan waktu ini maka akan terjadi proses pelunakan, pelebaran, serta penipisan mulut rahim. Sehingga tanda-tanda persalinan akan semakin mendekat.
  4. Rasa sakit nyeri pada panggul. Penyebab rasa nyeri di panggul yang dirasakan ibu hamil yang akan melahirkan oleh karena peningkatan pergerakan dan juga pergeseran janin yang mulai menekan pada daerah tersebut. Rasa sakit ini juga harus bisa dibedakan apakah sakit biasa atau karena akan melahirkan. Bila ibu hamil yang pernah melahirkan akan bisa membedakannya, akan tetapi pada ibu hamil anak pertama hal ini juga bisa cukup membingungkan untuk membedakannya.
Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengenal tanda persalinan yang harus diketahui oleh para ibu hamil

0 comments em “Mengenali Tanda Persalinan”

Post a Comment