Warung Bebas

Friday 11 January 2013

Tips Hilangkan Cemburu

Cemburu menurut Mariagrazia Marini diartikan sebagai sebuah perasaan yang mempunyai karakter naluriah serta alami, dan ditandai dengan adanya rasa takut, nyata atau tidak nyata, malu kehilangan cinta dari sang kekasih atau pasangan. Kecemburuan ini terkait dengan kurangnya kepercayaan pada orang lain dan atau dirinya sendiri dan, bila cemburu berlebihan, dapat menjadi patologis dan berubah menjadi obsesi. demikian adalah salah satu dari pengertian cemburu.

Cemburu dalam pandangan Islam adalah cemburu yang berlandaskan karena Allah. Istri Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam Aisyah juga pernah mengalami rasa cemburu dan terbakar cemburu kepada istri beliau yang lain, tetapi setelah diingatkan istri Rasulullah shallallahu a'alahi wa sallam segera menyadari kesalahan dan meminta maaf.

Cara Hilangkan cemburu, cara atasi cemburu terhadap pasangan

Hal ini berdasarkan atas sebuah riwayat hadist yang berbunyi :"Dari ‘Aisyah: "Aku tidak cemburu kepada seorang wanita terhadap Rasulullah sebesar cemburuku kepada Khadijah, sebab beliau selalu menyebut namanya dan memujinya" ( Hadist Riwayat Bukhari ).

Cemburu alam hubungan suami istri tentunya wajar dan memang harus seperti itu adanya. Karena rasa cemburu itu adalah bagian dari tanda rasa kasih sayang kita terhadap pasangan kita, hanya saja yang tidak diperbolehkan adalah cemburu berlebihan.

Ada beberapa cara mengatasi cemburu terhadap suami istri atau terhadap pasangan kita. Diantara tips atasi cemburu adalah adalah dengan berprasangka baik terhadap pasangan kita. Janganlah cepat terbakar rasa cemburu yang berlebihan tanpa alasan. Kecuali kita melihat sendiri dengan mata sendiri atau pun kita mendengar dari orang yang kita percayai akan kejujurannya pula.

Saling mengkomunikasikan rasa cemburu kita terhadap suami atau istri dengan baik dan dalam suasana lingkungan yang kondusif. Karena bila waktu dan cara yang kita lakukan tidak tepat maka bukanlah penyelesaian masalah yang kita dapatkan malahan justru seringkali akan mengkeruhkan masalahnya.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melarang para suami mencari-cari kesalahan isteri bial sedang dalam kecemburuan yang membabi buta. Sebagaimana beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tegaskan dalam hadits: "Ada jenis cemburu yang Allah membencinya. Yaitu kecemburuan suami kepada isteri yang tidak disertai adanya indikasi kuat yang mendukungnya". (HR. al Bazzar dan ath-Thabrani ).

Apapun kondisi kita ketika dilanda cemburu tentunya kita harus menggunakan solusi yang Islami dan jalan yang baik serta bijak dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam kehidupan rumah tangga kita.

0 comments em “Tips Hilangkan Cemburu”

Post a Comment