Warung Bebas

Monday 16 April 2012

Membahagiakan Istri

Membahagiakan Istri.Dalam sebuah pernikahan, membahagiakan istri adalah salah satu niat dan tujuan dari pernikahan itu sendirinya.Tentunya niat yang paling utama adalah beribadah kepada Allah dan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.Tips membuat istri bahagia adalah juga sebuah ibadah selama dalam koridor agama dan tidak bermaksiat kepada Allah Ta'ala.

membahagiakan istri,tips dan cara membahagiakan istri.Mencari Ilmu

Berikut beberapa cara untuk membahagiakan istri diantaranya yaitu :
  1. Bekerjasama dalam rangka beribadah kepada Allah. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan sholat berjama’ah dan selalu tingkatkan aktifitas kita sebagai suami istri dalam beribadah kepada Allah Ta'ala, seperti halnya dalam bersedekah, berdzikir, dan sholat pada malam hari (qiyamul lail).
  2. Memperlihatkan wajah yang menyenangkan.Dalam Islam pun kita diajarkan bila memasuki rumah hendaknya dengan mengucapkan salam dan hal ini bisa dilakukan para suami ketika pulang dari mencari nafkah dengan memberikan salam ditambah dengan wajah yang menyenangkan dan tersenyum.Beberapa sunnah telah dilakukan dalam satu kali perbuatan.
  3. Ketika mengajak bicara, menggunakan kalimat yang manis dan juga memikat.Dengan menggunakan kalimat-kalimat yang manis akan membuat pembicaraan berjalan baik dan sang istri pun merasa dihargai.Bisa juga dengan memberikan sebutan yang disukai sang istri.
  4. Membantu dalam pekerjaan rumah tangga.Dengan suami membantu pekerjaan rumah tangga tidaklah membuat sosok suami di pandangan istri jadi menurun, justru dengan kita membantu sang istri akan memberikan kabahagiaan di hati istri.Rasulullah pun mencontohkannya dalam kehidupan rumah tangga Beliau.
  5. Mengusahakan bermusyawarah dalam setiap persoalan rumah tangga.Walaupun keputusan adalah di tangan suami, tetapi bermusyawarah akan lebih baik dalam menghadapi persoalan.Hal ini pun dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
  6. Bermain dan bercanda dengan istri.Dengan bercanda yang wajar akan mencairkan kebekuan ataupun kejenuhan dalam berumah tangga.Rasulullah bersabda : "Semua hal yang di dalamnya tidak menyebut nama Allah SWT, adalah suatu kesia-siaan, kecuali dalam empat hal : seorang laki-laki yang sedang bermain dengan istrinya, melatih kuda, membidik di antara dua sasaran, serta mengajarkan berenang".
  7. Memperbaiki penampilan suami di hadapan istri.Allah Ta'ala itu Indah dan menyukai keindahan.Termasuk dalam penampilan sang suami di hadapan sang istri."Saya menyukai keindahan diri saya sendiri untuk istri saya, seperti halnya saya menyukai keindahan istri saya untuk saya." ( Ibnu Abbas )
  8. Memberikan perhatian.Sebagai suami yang ingin membahagiakan istri maka kita juga harus memberikan perhatian dan juga menunjukkan perasaan secara penuh kepada istri.Dalam menjalani rutinitas dan kewajiban sebagai istri tentunya banyak perubahan baik itu fisik dan psikologis.Nah di saat-saat itulah seorang istri biasanya membutuhkan perhatian yang lebih dari suami dan suami harus pandai dalam menilai akan hal ini.
  9. Bersabar dan berlaku lemah lembut.Dalam keadaan suami marah karena sesuatu hal kepada sang istri maka suami harus bersabar dan juga bisa untuk mengendalikan diri dan menasehati istri dengan cara yang hikmah.
  10. Menjaga rahasia yang berkaitan dengan perkawinan.
Semoga dengan mengetahui akan berbagi macam cara membahagiakan istri maka akan terbentuklah sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah, serta warahmah yang menjadi impian bagi setiap keluarga.

0 comments em “Membahagiakan Istri”

Post a Comment