Warung Bebas

Sunday 29 April 2012

Kisah Abu Jahal

Kisah Abu Jahal.Abu Jahal adalah termasuk orang yang sangat memusuhi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.Segala hal telah dilakukannya dalam hal memusuhi Rasulullah dan agama Islam yang dibawa beliau.Abu Jahal adalah orang kafir Quraisy dan termasuk dalam golongan yang terpandang di kabilah Quraisy kala itu.

Abu Jahal nama lengkapnya adalah Abu Jahal bin Hisyam. Orang Quraisy biasa memanggilnya Abul Hakam.Sebenarnya Abu Jahal ini meyakini yang dibawa Rasulullah itu benar. Namun kesombongan dan fanatik kepada jahiliyah telah menghalanginya dari hidayah. Akibatnya, dia mendapatkan adzab yang pedih dari Allah Ta'ala, adzab yang tidak pernah berhenti.

Kisa Abu Jahal, Mencari Ilmu

Mengenai kesombongannya dan juga fanatiknya terhadap kaum jahiliyah dahulu, Al-Baihaqi meriwayatkan dengan dengan sanadnya dari Mughirah bin Syu’bah : "Pertama kali aku mengetahui Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, yaitu saat aku dan Abu Jahal berjalan di gang-gang kota Mekkah. Tiba-tiba kami berjumpa dengan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, kemudian Rasulullah Shallallâhu 'Alaihi Wasallam berkata kepada Abu Jahal : "Wahai, Abul Hakam. Marilah menuju Allah dan Rasul-Nya. Saya mengajakmu menuju Allâh."
Abu Jahal menjawab : "Wahai, Muhammad. Tidakkah engkau berhenti mencela tuhan-tuhan kami ? Apakah engkau menginginkan agar kami memberikan persaksian, bahwa engkau telah menyampaikannya? , maka aku bersaksi bahwa engkau telah menyampaikannya. Demi Allah! Jika aku mengetahui yang engkau bawa itu benar, maka pasti aku telah mengikutimu."
Lalu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam berlalu, dan Abu Jahal melihat ke arahku seraya berkata : "Demi Allah! Sesungguhnya aku mengetahui yang dibawanya itu haq. Akan tetapi, ada sesuatu yang menghalangiku (untuk mengikutinya)."

Inilah kesombongan yang menghalangi Abu Jahal untuk memeluk Islam dan memperoleh hidayah.Semoga kita bisa belajar dari kisah Abu Jahal ini.

0 comments em “Kisah Abu Jahal”

Post a Comment