Warung Bebas

Wednesday 2 May 2012

Teladan Bagi Keluarga

Teladan Baik Bagi Keluarga.Teladan yang baik bagi keluarga adalah salah satu kewajiban bagi para orang tua.Memberikan pendidikan yang baik dan sekaligus contoh adalah salah satu metoda yang efektif dalam memberikan pendidikan bagi anak-anak kita.Terutama dalam pendidikan agama dan juga pendidikan akhlak.Teladan keluarga dalam hal contoh nyata dalam setiap segi kehidupan berkeluarga.

teladan baik bagi keluarga, Mencari Ilmu

Termasuk teladan kebaikan yang utama bagi keluarga kita adalah diri kita sendiri, karena tentu saja kita adalah orang yang paling dekat dengan mereka dan paling mudah mempengaruhi akhlak dan tingkah laku mereka. Maka menampilkan teladan yang baik dalam sikap dan tingkah laku di depan anggota keluarga adalah termasuk metode pendidikan yang paling baik dan utama. Bahkan para ulama menjelaskan bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari perbuatan dan tingkah laku yang langsung terlihat terkadang lebih besar dari pada pengaruh kata-kata.

Sebaik-baik teladan bagi keluarga muslim adalah Nabi mereka, Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang diutus oleh Allah Ta’ala untuk menyempurnakan akhlak yang mulia, sebagaimana sabda beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
"Aku diutus (oleh Allah Ta’ala) untuk menyempurnakan akhlak yang mulia." (HR Ahmad (2/381) dan al-Hakim (no. 4221.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah sosok teladan dan idola yang sempurna bagi orang-orang yang beriman kepada Allah yang menginginkan kebaikan dan keutamaan dalam hidup mereka.Beliau Rasulullah adalah orang yang paling kuat dan sempurna dalam menjalankan petunjuk Allah Ta’ala, mengamalkan isi al-Qur’an, menegakkan hukum-hukumnya dan menghiasi diri dengan adab-adabnya. Oleh karena itulah Allah Ta’ala sendiri yang memuji keluhuran budi pekerti beliau dalam firman-Nya :
"Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung".
(QS al-Qalam: 4).
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah". (QS al-Ahzaab:21).

Untuk itulah kita sebagai orang tua yang tentunya menginginkan keberhasilan dalam hal mendidik anggota keluarganya, hendaknya berusaha memanfaatkan keberadaannya di tengah-tengah keluarganya untuk mendidik dan mengarahkan mereka kepada petunjuk Allah Ta’ala, bukan hanya dengan ucapan dan nasehat, tapi lebih dari itu, dengan menampilkan teladan baik yang langsung terlihat di mata mereka.

0 comments em “Teladan Bagi Keluarga”

Post a Comment