Warung Bebas

Thursday 5 July 2012

Manfaat Puasa Ramadhan

Manfaat Puasa Ramadhan. Alhamdulillah kita telah menginjak bulan Ramadhan dan kita mengathau bahwasannya puasa ramadhan adalah wajib bagi kaum muslim dengan firman Allah Ta'ala : ""Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al Baqarah 183).

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda :""Puasa itu tameng untuk menghindar dari api neraka." (HR. Mutafaqun ‘Alaih).

manfaat puasa ramadhan, manfaat puasa, Mencari Ilmu

Berikut beberapa manfaat puasa yaitu :
  1. Puasa mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, memperkuat badan dan bermanfaat pula bagi penyembuhan beberapa penyakit. Disamping mengistirahatkan kaum perokok dari kecanduan rokok dan dapat membantu dalam upaya meninggalkannya.
  2. Puasa merupakan latihan dan pembiasaan jiwa untuk berbuat kebaikan dan disiplin, ketaatan dan kesabaran.
  3. Orang yang berpuasa merasakan adanya persamaan dengan saudaranya yang berpuasa, ia berpuasa bersama, berbuka bersama, merasakan adanya kesatuan Islam yang menyeluruh, dan merasakan lapar sehingga dapat ikut prihatin terhadap saudara-saudaranya yang mengalami kelaparan dan mempunyai kebutuhan.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda mengenai manfaat puasa ramadhan ini yaitu :
  1. "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."(Hadits Mutafaqun ‘Alaih).
  2. "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan 6 hari di bulan Syawal, maka puasanya seperti puasa setahun" (Hadits Riwayat Muslim).
  3. "Barangsiapa yang bangun pada bulan Ramadhan (bangun untuk sholat Tarawih) dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah ,maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."(Mutafaqun ‘Alaih)

0 comments em “Manfaat Puasa Ramadhan”

Post a Comment